Tugas Pokok Administrasi

Memahami Pentingnya Tugas Pokok Administrasi dalam Menjalankan Operasional Organisasi

Pendidikan198 Views

Memahami Pentingnya Tugas Pokok Administrasi dalam Menjalankan Operasional Organisasi, Contoh Organisasi Pada Umumnya seperti Lembaga Pendidikan, Yayasan, Pemerintahan, Dinas Sosial dan masih banyak lagi.

Dalam setiap organisasi, Tupopksi sebagai administrasi memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan dan keberhasilan operasional. Administrasi bukan hanya tentang menjalankan tugas-tugas rutin sehari-hari, tetapi juga tentang membangun pondasi yang kuat untuk keseluruhan struktur organisasi.

Tugas Pokok Administrasi

Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang tugas pokok administrasi dan kontribusinya dalam menjalankan organisasi dengan efisiensi dan efektivitas. SD IT Nurul Jannah selalu memberikan pengarahan kepada titik persoalan yang sangat penting dalam hal ini, oleh karena itu ada baiknya anda memhami apasaja yang menjadi kewajiban anda dalam hal ini.

1. Pengelolaan Dokumen dan Informasi

Salah satu tugas utama administrasi adalah mengelola dokumen dan informasi organisasi. Hal ini meliputi pembuatan, penyimpanan, dan pengarsipan dokumen, serta memastikan aksesibilitas dan keamanannya.

Administrasi juga bertanggung jawab dalam mengelola informasi internal dan eksternal yang berhubungan dengan organisasi, seperti surat-menyurat, email, dan data anggota.

Dengan memiliki sistem pengelolaan dokumen dan informasi yang efisien, organisasi dapat dengan mudah mengakses informasi yang di perlukan dan menjaga kerahasiaan yang penting.

2. Manajemen Sumber Daya dan Inventaris

Administrasi juga memiliki peran dalam manajemen sumber daya dan inventaris organisasi. Ini meliputi pengelolaan aset fisik, seperti peralatan, fasilitas, dan persediaan. Tugas ini melibatkan pemantauan penggunaan sumber daya, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan.

Dengan mengelola sumber daya dan inventaris dengan baik, administrasi dapat memastikan ketersediaan yang memadai dan penggunaan yang efisien, sehingga mendukung kegiatan operasional organisasi.

3. Pengaturan Jadwal dan Koordinasi

Pengaturan jadwal dan koordinasi adalah aspek penting dalam tugas pokok administrasi. Administrasi bertanggung jawab dalam mengelola jadwal pertemuan, acara, dan kegiatan organisasi.

Mereka juga berperan dalam koordinasi antara anggota tim, departemen, dan pihak eksternal yang terkait. Dengan melakukan pengaturan jadwal yang baik dan koordinasi yang efektif, administrasi membantu memastikan semua kegiatan berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Read Also: Download Aplikasi SPPD Excel Terbaru

Memahami Tugas Pokok Administrasi

Berikut ini kami sampaikan Tugas Pokok dan Fungsi Staf Tata Usaha atau Administrasi secara ringkas.

  1. Menyusun Program Ketatausahaan Sekolah
  2. Mengelola Kebutuhan Perlengkapan dan ATK Sekolah
  3. Mengelola Administrasi Ketatausahaan:
  4. Mengagendakan Surat masuk dan keluar,
  5. Melakukan presensi dan rekapitulasi kehadiran terhadap guru dan karyawan,
  6. Mengetik surat dan Mengarsipkan,
  7. Menggandakan surat-surat,
  8. Menata penomoran surat,
  9. Merapikan file-file surat,
  10. Mengirim dan menerima surat-surat.
  11. Menyusun dan menyajikan data statistik sekolah.
  12. Mengurus dan menyusun dokumen-dokumen sekolah.
  13. Menyusun laporan – laporan ketatausahaan sekolah.

Demikian informasi singkat ini kami sampaikan, semoga bisa menjadi bahan acuan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Selamat Bertugas dan Semoga Selalu Di berikan Kemudahan dalam Segala Hal.