5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

Perlu di ketahui bahwa ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan seorang fresh graduate

Berita318 Views

NURULJANNAH.OR.ID – Cari tau manfaat serta bagaimana mencari kerja dalam artikel 5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate.

Setelah lulus kuliah tentu langkah selanjutnya ialah mencari pekerjaan.

Di era sekarang ini memang tidak mudah untuk mencari kerja. Tentu butuh tips mencari kerja untuk fresh graduate.

Namun, mengapa perlu bekerja sesuai dengan jurusan kuliah? Karena hal ini berkaitan langsung dengan minat dan bakat seseorang.

Jadi ketika seseorang bekerja sesuai dengan passion, maka pekerjaan tersebut akan terasa nyaman dan betah. Bahkan kinerja karyawan akan semakin naik.

Hal tersebut sangat penting untuk kemajuan di masa mendatang.

Baca juga: Membentuk Karakter Siswa

5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

Perlu di ketahui bahwa ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan seorang fresh graduate. Jadi meskipun belum memiliki pengalaman, lulusan baru tidak perlu berkecil hati.

Berikut ini ada beberapa cara mencari kerja setelah lulus kuliah yang bisa diikuti para lulusan baru.

1. Manfaatkan peluang

Adapun tips mencari kerja yang pertama ialah dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Maksudnya ketika ada informasi mengenai lowongan kerja yang sesuai dengan bidang jurusan, maka segera memasukkan lamaran. Ini karena persaingan melamar kerja semakin banyak.

Jadi para pelamar diharapkan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Jangan hanya terfokuskan pada 1 perusahaan saja.

Ambillah kesempatan melamar di perusahaan lain yang membuka lowongan dibidang yang sama.

2. Buat tampilan CV menarik

Selain itu, tampilan CV harus dibuat yang terbaru dan menarik. Sebagai pelamar dengan title “Fresh Graduate” wajib hukumnya untuk memperbarui tampilan CV semenarik mungkin untuk memikat HRD.

Meskipun seorang fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja, namun jika tampilan CV menarik maka akan membantu.

Menarik disini bukan tampilan yang heboh. Definisi menarik disini adalah memudahkan HRD untuk melihat informasi-informasi penting.

Misalnya saja nama, alamat, sosial media, nomor hp, pengalaman organisasi, hingga IPK. Jadi para pelamar perlu memastikan bahwa di bagian CV sudah termuat informasi tersebut.

Baca juga: Mengenal Sekolah Dasar Islam Terpadu

3. Email harus sesuai

Tentunya, kamu harus hindari menggunakan alamat email yang sembarangan dan aneh-aneh. Untuk melamar kerja, usahakan menggunakan email yang mencantumkan nama pelamar.

Dengan begitu tampilan email akan terlihat lebih formal dan profesional. Ketika pelamar menggunakan email yang asal-asalan, HRD akan menganggap bahwa pelamar tidak profesional.

4. Bisa gunakan aplikasi pencari kerja

Kini ada banyak cara. Untuk memudahkan para fresh graduate mendapatkan informasi lowongan kerja, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi pencari kerja.

Seperti saat ini sudah banyak aplikasi pencari kerja yang memudahkan pelamar mendapatkan info lowongan kerja.

Di dalam situs tersebut juga akan di cantumkan mengenai spesifikasi yang di butuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan.

Dengan begitu para pelamar bisa menyesuaikannya sesuai dengan spesifikasi yang di tuliskan.

5. Bisa memanfaatkan relasi

Jika kamu punya banyak teman atau relasi yang sudah bekerja di suatu perusahaan, maka bisa di manfaatkan. Tanyakan apakah ada lowongan kerja yang di buka.

Bahkan ada perusahaan yang mencari karyawan baru berdasarkan rekomendasi dari karyawan yang bekerja di situ.

Jadi memiliki kenalan atau relasi yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu memang sangat membantu.