Mengenal Sekolah Dasar Islam Terpadu

Mengenal SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu serta Kelebihan dan Kelemahannya!

Berita200 Views

Mengenal Sekolah Dasar Islam Terpadu serta Kelebihan dan Kelemahannya! Sekolah ini membekali ilmu agama Islam yang kuat

Setiap orang tua, tentu menginginkan sekolah yang terbaik untuk anak-anaknya, ya Moms. Nah, salah satu sekolah yang menjadi perhatian adalah SDIT.

Sekolah ini kerap menjadi pilihan orang tua untuk anak-anaknya menempuh pendidikan sekolah dasar. Namun, apa itu SDIT? SD IT merupakan singkatan dari Sekolah Dasar Islam Terpadu.

Mengenal Sekolah Dasar Islam Terpadu

Sekolah ini adalah bentuk satuan pendidikan dasar yang memberikan program pendidikan 6 tahun berdasarkan kurikulum nasional yang dibarengi dengan sistem pendekatan Islami. Nah, ingin menyekolahkan Si Kecil ke SDIT? Simak selengkapnya di sini, ya ayah bunda.

Baca juga: 4 Aplikasi Pendidikan Terbaik

Pengertian Sekolah Dasar Islam Terpadu

Seperti yang sudah disinggung di atas, SDIT merupakan sekolah yang menggunakan pendekatan Islami.

Pendekatan Islami ini melalui pengintegrasian antara pendidikan Islam dan pendidikan umum antar sekolah, orang tua, dan masyarakat guna mengoptimalkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

Dalam pembelajaran di dalam kelas, SDIT didukung oleh program pembiasaan yang didasarkan pada nilai-nilai Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang shahih.

Para peserta didik kemudian diajarkan adab-adab islami, baik dalam hal pergaulan dengan sesama siswa maupun dengan guru, orang tua, serta masyarakat.

Para siswa dan siswi akan dibiasakan mengenakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan tuntutan syariat.

Adanya sekolah ini diharapkan peserta didik bisa terbiasa menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai informasi, konsep SIT (Sekolah Islam Terpadu) adalah akumulasi dari proses pembudayaan, pewarisan, dan pengembangan ajaran agama Islam, budaya dan peradaban Islam dari generasi ke generasi.

Istilah “Terpadu” dalam SIT adalah sebagai penguat atau tauhid dari Islam. Artinya, Islam yang utuh menyeluruh, dalam segala aspek kehidupan.

Mata Pelajaran Sekolah Dasar Islam Terpadu

Mata pelajaran di SDIT tentunya tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran di sekolah pada umumnya.

Kurikulum juga tentunya akan di sesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Perlu Moms ketahui juga, setiap mata pelajaran tidak sama di setiap sekolah karena tergantung dari program yang di ambil.

Namun, mengutip dari berbagai sumber, ini dia mata pelajaran SDIT:

Mata Pelajaran Inti

  1. Pendidkan Agama Islam (PAI)
  2. Iqra untuk kelas 1 dan 2 / Fiqih untuk kelas 3-6
  3. Akidah Akhlak
  4. Sejarah Kebudayaan Islam
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  7. Bahasa Indonesia
  8. Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Matematika
  10. Seni Budaya dan Prakarya
  11. Pendidikan Olahraga dan Kesenian

Mata Pelajaran Muatan Lokal

  1. Bahasa Inggris
  2. Bahasa Arab
  3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  4. Baca Tulis Al-Qur’an

Jadi, jika Moms ingin memasukkan Si Kecil ke SDIT, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai mata pelajaran dan program yang di tawarkan lainnya, ya.

Baca Juga: Serba-serbi BPK Penabur Jakarta, Sekolah Kristen Populer di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan SDIT

Setiap jenis sekolah pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan ya, Nah simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

1. Membekali Ilmu Agama yang Kuat

<yoastmark class=

Foto: International Islamic Boarding School (iibs-ri.com)

Di Sekolah Islam Terpadu, peserta didik tidak hanya di berikan ilmu pengetahuan umum seperti sekolah pada biasanya. Namun, memperoleh bekal agama yang lengkap.

Pelajaran agamanya pun terbilang lengkap. Mulai dai hafalan doa, hadist, bahasa Arab, salat Dhuha berjamaah, mengaji, dan lain-lain.

Nah, jika di sekolah biasa, peserta didik hanya mendapatkan setidaknya 2 jam pelajaran agama setiap minggunya.

2. Membekali Karakter yang Baik

SDIT mengutamakan pendidikan akhlak. Jika anak sudah di bekali pada pendidikan akhlak sejak kecil, maka karakter baik tersebut akan di praktekkan ketika dewasa.

Anak akan menjadi terbiasa menerapkan kehidupannya berdasarkan nilai-nilai dalam ilmu agama Islam.

Peserta didik akan di ajarkan untuk berperilaku sesuai dengan tuntunan agama. Jadi, Ayah Bunda tidak perlu cemas dengan pengetahuan agamanya

3. Menerapkan Kegiatan Positif

Sekolah Islam Terpadu tidak hanya mengajarkan siswa di dalam kelas, melainkan untuk melakukan aktivitas di luar sekolah.

Sekolah ini biasanya menerapkan jam khusus agar anak-anak bebas menulis dan membaca buku ataupun melakukan kegiatan positif yang di inginkan.

Kegiatan bebas ini tentunya menanamkan hal positif pada peserta didik.

4. Menyediakan Jenjang Pendidikan yang Lengkap

Sekolah ini umumnya memiliki jenjang pendidikan yang lengkap. Mulai dari TK IT, SD IT, SMP IT, dan SMA IT.

Dengan menyediakan jenjang pendidikan yang lengkap, maka fasilitas yang di berikan oleh SIT juga tentunya lengkap sesuai dengan jenjang pendidikan.

Baca Juga: Pelajaran Keteladanan Para Pahlawan

Kekurangan

1. Jadwal Padat

<yoastmark class=

Sekolah ini memiliki jadwal sekolah yang mungkin terbilang padat dan cukup lama. Sebagian orang tua mungkin tidak masalah dengan jadwal anak-anak yang padat, ya Ayah Bunda.

Namun, ada juga sebagian orang tua yang merasa jadwal sekolah yang padat sangat membebani anak-anak mereka terlebih saat masih TK dan SD.

Di sisi lain ada juga yang berkomentar, anaknya lebih baik saya Sekolahkan di SDIT Karena Pulang Sore jadi tidak keluyuran kemana-mana.

Baca juga: Hukum Penggunaan Sutrah dalam Salat

2. Biaya Mahal

Melihat banyaknya kelebihan dari SDIT, tidak heran jika sekolah ini membutuhkan biaya yang tidak murah.

Terlebih, tidak jarang terdapat biaya tambahan lain yang terkait dengan pendidikan dan kegiatan peserta didik di luar biaya pokok.

Namun Mahal dan Murah itu relatif siapa yang memandang dan sisi mana, jika dari sisi positif semua biaya mahal juga di kembalikan ke anak-anak mereka.

3. Pergaulan Kurang Luas

Ada sebaggian orang Menganggap Sekolah di SD IT Pergaulan kurang luas, karena selalu belajar sesama seagama mereka,???

Untuk Ayah bunda, Anak-anak yang masih Usia Dini dan Masih Sekolah Dasar Masih perlu bimbingan Tauhid yang kuat, agar mereka kelak Dewasa Tumbuh Menjadi Seorang yang Memiliki Kepribadian yang Lurus, Tidak Goyah jiga nanti mereka dewasa berbagul bebas diluar sana dengan bermacam-macam karakter dan agama.

Bersekolah di sekolah yang hanya mengajarkan agama Islam tentu membuat anak hanya bertemu dengan teman seagama.??

Itu Benar, karena Sekolah Islam Terpadu Memang di Khususkan untuk Para Muslimin yang Ingin anak-anaknya di Didik Sesuai Syariat Agama Islam.

Membina mereka dan bergaul sesama ratusan anak seagama tidaklah mengurangi mereka bergaul, mereka saat ini belajar terlebih dahulu untuk masa depan mereka yang lebih baik.

Dengan bergabungnya anak-anak sesama Agama Islam akan menjadikan mereka lebih banyak belajar hal kasih dan sayang sesama seakidah, namun bukan berarti mereka mengabaikan perbedaan, mereka tidak akan membedakan dari agama mana mereka bergaul jika mereka sudah mandiri.

Sekolah Islam Terpadu Memberikan Materi cukup untuk masalah Toleransi Antar Agama dan Toleransi di Luar Agama.

Penutup

Dengan menyekolahkan anak-anak di Sekolah Islam terpadu, Ayah Bunda akan Lebih Fokus dalam bekerja seharian, karena di SD IT,SMP IT,SMA IT, Memiliki Kurukulum yang sudah teruji mampu untuk mencetak anak-anak yang berprestasi.

Mendiri, Cerdas, dan Berahlak Mulia, Saling menyayangi dengan yang lebih muda dan Menghormati dengan yang lebih Tua.

Comment